Kunjungan dan Kuliah Tamu Peneliti Lembaga Biologi Molekuler Eijkman di Jurusan Biologi FMIPA UNTAD

September 7, 2018

Selama dua hari (tanggal 6-7 September 2018), Jurusan Biologi FMIPA UNTAD, menerima kunjungan peneliti dari Lembaga Biologi Molekular (LBM) Eijkman. Beliau adalah Dr. Josephine E. Siregar bersama asisten peneliti sdri Nurmalita E. Pravitasari S.Si., dari “The Mitochondria and Infectious Diseases Laboratory”. Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama peneliti LBM ke Jurusan Biologi FMIPA UNTAD. Agenda yang dibawa adalah sosialisasi LBM Eijkman dan penjajagan kerjasama penelitian tentang Plasmodium malaria pada non-human primates. Kunjungan ini juga menunjukkan bahwa Jurusan Biologi berpotensi sebagai rujukan bagi peneliti di luar UNTAD atau luar Sulawesi, ketika mereka akan malakukan peneltian di daerah Wallaceae Sulawesi.

Gambar 1. Suasana hangat di ruangan Ketua Jurusan Biologi FMIPA UNTAD

Selain berdiskusi tentang beberapa aspek potensi kerjasama pada tema penelitian tersebut, kedua tamu, juga berkesempatan untuk berkunjung ke laboratorium di Jurusan Biologi dan berdiskusi dengan staff dan mahasiswa. Di hari kedua, Dr. Josephin dan Sdri Nurmalita juga berkesempatan bersilaturahmi dengan dekan FMIPA (Bp. Dr. Rusydi H. M.Si.). Acara kunjungan ini ditutup dengan pemberian kuliah umum oleh Dr. Josephine dihadapan civitas academika Jurusan Biologi. Kuliah umum diikuti oleh Dosen dan lebih dari 90 orang mahasiswa, yang terdiri dari mahasiswa angkatan 2018, 2017 dan 2016. Kebanyakan mahasiswa peserta kuliah umum adalah juga peserta Mata Kuliah Rekayasa Genetika, Bioinformatika dan Mamologi. Dalam kuliah umum ini, Dr. Josephine mengenalkan tentang LBM Eijkman termasuk unit laboratorium dan kegiatan penelitian yang berlangsung di sana.

Gambar 2. Foto bersama Dekan FMIPA UNTAD

Tema penelitian tentang malaria pada non human primates tentu sebagai hal baru yang menarik bagi mahasiswa. Selama ini kita hanya kenal malaria pada manusia, ternyata plasmodium juga menyerang primata lain selain manusia. Hal lain yang lebih menarik bagi mahasiswa Jurusan Biologi adalah diperkenalkannya kesempatan mahasiswa untuk turut memanfaatkan fasilitas yang ada di LBM Eijkman sebagai tempat Magang dan kesempatan untuk bergambung dalam kegiatan penelitian yang dilakukan di sana, sebagai bagian dari skripsi mahasiswa. Tema kuliah yang sangat menarik ini direspon dengan begitu banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh dosen dan mahasiswa yang hadir.

Tentunya kesempatan yang langka untuk mengenal penelitain tingkat dunia seperti ini merupakan tantangan bagi civitas academika Jurusan Biologi untuk terlibat. (INS)

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *