|

“Compost Tea”, Teknologi pembuatan pupuk murah meriah dan ramah lingkungan. Dikenalkan oleh tim Pengabdian Masyarakat Jur. Biologi FMIPA UNTAD

Gambar 1.  Dr. rer. agr. Wahyu Harso (kiri) dibantu oleh Magfirahtul Jannah, M.Sc (Tengah) dan Dr. Umrah (kanan). Memberi pelatihan cara pembuatan “Compost Tea” di Desa Langaleso Kab. Sigi

Bertempat di desa Langaleso, pada hari Mnggu 22 April 2018 – bertepatan dengan “Hari Bumi”, Tim Pengabdian Masyarakat dipimpin Dr. rer. agr. Wahyu Harso mengenalkan dan memberi pelatihan teknologi pembuatan pupuk ramah lingkungan yang sering disebut “Compost Tea”. Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama Jurusan Biologi FMIPA dan tim PUSNAS (dibawah koordinasi Dr. Umrah) dan para petani di Desa Langaleso Kab. Sigi.

Gambar2. Dr. Umrah menunjukkan proses pembuatan pupuk cair (tahap fermentasi) di ruang percontohan.

Pada kesempatan ini dikenalkan manfaat dan cara pembuatan serta aplikasi yang mudah diterapkan di tingkat masyarakat. “Compost tea” dapat dibuat dari bahan-bahan yang mudah didapat serta murah, seperti kompos, gula pasir dan air, serta biakan mikroba berisi spora jamur Aspergillus sp. (hasil Penelitian Dr. Umrah). Hasil pembuatan pupuk organik dalam bentuk cair ini, bisa langsung diaplikasikan melalui tanah dan/atau daun dengan cara penyemprotan pada berbagai tanaman hortikultura di lokasi.

Gambar 3. Aplikasi pupuk dengan sprayer pada tanaman jagung.

Peserta yang terlibat termasuk mahasiswa dari Jur. Biologi, diharapkan berperan sebagai agent penyebar dan pelatih di kesempatan lainnya, sehingga teknologi ini dapat diterapkan oleh banyak petani di Kab. Sigi dan di Lokasi Lainnya. (INS)

Gambar 4. Diskusi dengan peserta di lahan percobaan

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *