|

“Student Research Higlight” New Braca Species from Sulawesi

MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI TEMUKAN 3 JENIS NGENGAT SPESIES BARU

 

Ialah Rika Hafriani angkatan 2013 FMIPA UNTAD, yang menjadikan hewan ngengat sebagai objek penelitian dalam skripsinya yang menemukan jenis ngengat spesies baru. Ketiga jenis itu antaralain Braca adelindae, Braca miroquinhae, dan Braca annawatyae.

Hasil temuan Rika ini pun dikirim ke Jepang berkat kerjasamanya dengan peneliti Jerman. Dan pada Desember 2017 kemarin, temuan Rika diterbitkan pada Jurnal Internasional khusus Ngengat, dengan judul “Three New Spesies Of The Genus Braca Hübner (Geometridae, Ennominae, Boarmiini) From Sulawesi, With Notes On The Already Described Spesies, Tinea 24 (1): 46-62”.

Rika mengaku sangat senang dan tidak menyangka hasil penelitiannya dibaca oleh seluruh peneliti hewan khususnya peneliti ngengat yang di dunia. Ia berharap, jurnal tersebut dapat memberikan sumbangsih positif dalam perkembangan ilmu pengetahuan, sehingga memberikan manfaat bagi banyak orang” ungkapnya terharu.

Capaian Rika ini berbanding lurus dengan perjuangannya. Pasalnya, Rika melakukan penelitiannya tersebut selama hampir satu tahun. Terhitung sejak bulan Oktober 2016 sampai November 2017.

Dekan FMIPA UNTAD, Dr Rusydi merasa sangat rasa bangga terhadap prestasi mahasiswanya tersebut. “Hal ini membawa nama baik Jurusan Biologi, Fakultas MIPA dan Universitas Tadulako dikancah internasional karena peneliti luar membaca jurnal kita”. Ucap Dr. Rusydi.

Menurutnya, Sulawesi Tengah memang memiliki keaneragaman flora dan fauna yang sangat tinggi sehingga potensial untuk diteliti lebih lanjut lagi kedepannya. Dr. Rusydi juga menambahkan, penelitian-penelitian serupa harus ditingkatkan agar tidak kalah bersaing dengan peneliti-peniliti luar.

“Meski dengan fasilitas laboratorium yang belum secanggih mereka, kita harus tetap optimis. Bahwa kita pun bisa menemukan hal-hal yang baru dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan”. Sr

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *