Penyesuaian Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19

June 12, 2020

Masa perkuliahan Semester Genap 2019-2020 telah berakhir, banyak perubahan yang terjadi dalam sistem perkuliahan di Jurusan Biologi sebagai dampak dari pandemi Covid-19 yang melanda hampir di seluruh penjuru dunia. Kondisi ini tentu saja sangat berpengaruh terhadap kegiatan perkuliahan dan praktikum mahasiswa.

Langkah yang dilakukan untuk terlaksananya keberlangsungan proses pembelajaran adalah mengganti aktivitas perkuliahan, praktikum dan praktikum lapangan yang sebelumnya dilaksanakan secara tatap muka, diganti menjadi kegiatan yang bersifat daring (online).

Gambar 1. Ujian skripsi salah seorang mahasiswa Jurusan Biologi

Penerapan kegiatan secara online juga berlaku untuk seminar proposal penelitian, seminar hasil penelitian maupun ujian skripsi/komprehensif. Sejak awal masa darurat Covid-19 hingga saat ini, tercatat sudah 14 mahasiswa yang melaksanakan ujian skripsi dan 12 mahasiswa seminar hasil penelitian serta 2 mahasiswa yang telah seminar proposal.

Gambar 2. Seminar proposal mahasiswa Jurusan Biologi yang dilaksanakan secara daring

Di samping itu, pelayanan administrasi bagi mahasiswa juga dilakukan secara daring seperti proses kliring, pendaftaran ujian skripsi, dan pengurusan SKL. (AA)

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *