Simposium Biologi dan Penandatanganan MOA (Memorandum of Agreement) antara FMIPA UNTAD dan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Sulawesi Tengah

Hari ini, Rabu 7 September 2016, Jurusan Biologi FMIPA Untad menggelar acara ilmiah- Simposium Biologi dengan tajuk “POTENSI DAN PEMANFAATAN SUMBERDAYA HAYATI”. Menghadirkan 2 keynote speaker dan 2 presenter mahasiswa berprestasi dari Jur. Biologi.

 Picture12
 Dibuka secara resmi oleh Dekan FMIPA (Dr. M. Rusydi, M.Si)

Dalam sambutannya, dekan FMIPA mengingatkan betapa kayanya Sulawesi akan Sumberdaya Hayati, dan tantangannya yang harus dihadapi oleh generasi muda, terutama para ahli Biologi. Dalam kesempatan in, Dekan juga memberikan apresiasi tinggi atas prestasi yang telah dicapai hingga saat ini oleh civitas academica jur. Biologi, termasuk kesuksesan TIM PKM-PE yang telah mewakili Untad di ajang PimNas 2016 di Bogor. Setelah membuka acara, Dekan FMIPA berkesempatan menyerahkan hadiah/kenang-kenangan untuk tim PKM, Pembina dan Jur. Biologi.
Dalam kesempatan ini juga dilakukan Penandatangan MoA antara FMIPA Univ. Tadulako dengan BKSDA Sulawesi Tengah, yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama bidang Penelitian dan Pendidikan serta konservasi Sumberdaya Alam sesuai dengan Tupoksi kedua belah pihak. Kerjasama ini juga ditandai dengan saling tukar cinderamata berupa buku Tanaman Obat Sulawesi dari FMIPA dan Penyerahan pamflet tentang konservasi sumberdaya alam yang diserahkan oleh bp Bambang Widiatmoko dari BKSDA.
Sebagai Keynote Spekers pada syimposium ini adalah:
1. Dr. Umrah M.Si. (Dosen Jur. Biologi FMIPA Untad, menampilkan materi dengan tema Sumber daya hayati mikroba dalam menunjang pengembanga Biofertiliser dan Biopestisida). Merupakan hasil penelitian panjang menggali potensi mikroba lokal yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk dan pestisida alami ramah lingkungan.
2. Bambang Widiatmoko, S.Hut. M.Sc. (Staff BKSDA Sulawesi Tengah). Sesuai dengan tupoksi BKSDA, pemateri mengenalkan kekayaan alam hayati Sulawesi termasuk di baerbagai Taman Nasional, dan Kawasan Konservasi lain yang tersebar di Sulawesi Tengah. Mengenalkan beberapa tantangan, apa yang bisa dilakukan oleh dosen dan peneliti Biologi, termasuk kesempatan Alumni Biologi untuk berkarya di BKSDA.
Pada simposium kali ini juga menghadirkan 2 Pembicara mahasiswa berprestasi dari Jurusan Biologi, Masing-masing:
1. Auni Ade Putri, Mahasiswa Jur. Biologi Angkatan 2014. Merupakan ketua Tim PKM mewakili Univ. Tadulako, yang sukses keluar sebagai juara faforit diajang Pimnas 2016 di Bogor, mempresentasikan hasil kajiannya tentang keanekaragaman katak di Sulawesi.
2. Moh. Reza Sese, Mahasiswa jur. Biologi Angkatan 2014. Merupakan salah satu mahasiswa yang baru saja menyelesaikan PKL/Magang di Lembaga Oceanologi LIPI di Ancol, mempresentasikan hasil kajian tentang biodiversitas Echinodermata dari perairan sekitar pulau Bakalan kab. Banggai Kepulauan.
Kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana komunikasi Ilmiah antar Peneliti dan memperkenalkan hasil-hasil penelitian yang telah dan sedang dilakukan di Jurusan Biologi kepada Mahasiswa dan masyarakat. Turut diundang sebegai peserta dalam simposium biologi kali ini adalah mahasiswa Baru dan Senior dari Jur. Biologi, Mahasiswa dari Jurusan lain di lingkup FMIPA, serta Guru dan Siswa SMA 5 dan Madrasah Aliah Alkhaerat.
Sebelum ditutup secara resmi oleh Ketua Jurusan Biologi (Dr.Lif.Sc. I Nengah Suwastika, M.Sc. M.Lif.Sc.), diserahkan berbagai souvenir dan door prize untuk pemateri dan peserta.
Semoga kegiatan kali ini bermanfaat tidak hanya untuk civitas academica di Jur Biologi, tetapi juga bermanfaat untuk FMIPA, Univ. Tadulako dan Masyarakat luas.

BIOLOGY INSPIRING THE FUTURE 2016

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *