|

Penelitian Amfibi Antarkan Tim UNTAD menjadi Juara Favorit pada PIMNAS ke 29 di IPB

1Kiri ke kanan: Kartiko Bimo, Fitriana, Auni Ade Putri (ketua), Dr. Annawaty (dosen pembimbing), Fajra, dan Mus’af

Perhelatan akbar Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang dibuka secara resmi oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof. Muhammad Nasir tanggal 8 Agustus lalu, akhirnya resmi ditutup pada 11 Agustus 2016 di Gedung Graha Widya Wisuda Institut Pertanian Bogor. Pada acara penutupan tersebut, sekaligus diumumkan para juara dan juara favorit dari masing-masing kelompok Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Tim PIMNAS Universitas Tadulako (UNTAD) yang terdiri dari empat mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas MIPA dan satu mahasiswa Jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan UNTAD berhasil membawa nama harum UNTAD dengan meraih gelar juara Favorit dalam ajang bergengsi antar mahasiswa seluruh Indonesia yang dilaksanakan setiap tahun tersebut.

Tim PIMNAS UNTAD yang diketuai oleh Auni Ade Putri ini telah mencuri perhatian juri dan peserta lain pada saat presentasi hasil penelitian mereka dengan judul “Eksplorasi Jenis-Jenis Amfibi di Kawasan Danau Tambing Taman Nasional Lore Lindu Sulawesi”. Penelitian yang dibiayai melalui Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta 2016 ini, beranggotakan Fajra, M. Mus’af AK, Fazlur Rahman, dan Kartiko Bimo R. Dalam penelitian yang dibimbing oleh Dr. Annawaty yang juga merupakan dosen pada Jurusan Biologi Fakultas MIPA UNTAD tersebut, terungkap adanya 4 jenis Amfibi di Kawasan Danau Tambing yang merupakan bagian dari Taman Nasional Lore Lindu. Keempat jenis Amfibi tersebut semuanya tergolong dalam Ordo Anura, yaitu Ingerophrynus celebensis, Hylarana celebensis, Limnonectes microtympanum dan Rachophorus edentulus.

Kegiatan PIMNAS ke-29 ini sendiri diikuti oleh 460 kelompok dari berbagai perguruan tinggi seluruh Indonesia yang merupakan hasil seleksi dari 4.724 kelompok PKM yang didanai tahun 2016 oleh KEMENRISTEK DIKTI

2
Ketua Tim, Auni Ade Putri mempresentasikan hasil penelitian PKM-PE di hadapan Dewan Juri

Selain presentasi dan pameran poster-produk PKM, PIMNAS tahun ini juga dilengkapi dengan kegiatan Sarasehan Pimpinan Perguruan Tinggi bidang Kemahasiswaan, Sarasehan Pimpinan Organisasi Kemahasiswaan, PIMNAS Investment Summit, Social Gathering, Aksi Peduli Lingkungan, SMA goes to PIMNAS, Olah Raga bersama, Bazar dan City Tour.

Dengan keberhasilan tim UNTAD sebagai salah satu juara favorit di ajang PIMNAS ke-29 ini, diharapkan menjadi motivasi dan semangat bagi mahasiswa Biologi khususnya untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menggeluti penelitian Sains.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *