Euforia Mahasiswa Baru Jurusan BIOLOGI FMIPA ramaikan Bumi Tadulako Palu

August 16, 2018

Slogan “SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU” merupakan slogan yang sering digunakan oleh para senior ketika menyambut para junior di setiap penerimaan mahasiswa ajaran baru. Kalimat tersebut juga tak asing lagi bagi adik–adik mahasiswa baru (MABA), tidak terkecuali para maba FMIPA angkatan 2018 ini yang baru saja memulai jenjang perkuliahannya. Proses demi proses akan dilewati oleh , para Maba untuk beradaptasi di lingkungan baru yang notabene berbeda dengan atmosfer di Sekolah Mengengah Atas. Oleh karena itu, diperlukan kegiatan perkenalan awal yang disetting berbeda. Salah satu kegiatan yang diusung oleh Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) adalah kegiatan Perkenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru atau yang biasa disebut PKKMB Jurusan Biologi.

Jurusan biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) Universitas Tadulako (UNTAD), Mengadakan PKKMB Jurusan Rabu (15/08) sampai kamis (16/08), di Jurusan Biologi, Universitas Tadulako, Kabupaten Palu. Dalam kegiatan PKKMB tersebut, FMIPA UNTAD melaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya Pengisisan KRS online, Pengenalan lembaga HMB (Himpunan Mahasiswa Biologi), etika kehidupan kampus, serta pengenalan laboratorium.

Gambar 1. Pengisian KRS dan Pengenalan Jurusan Biologi FMIPA UNTAD

Ketua Jurusan FMIPA Biologi, Bapak Dr. Lif. Sc. I Nengah Suwastika. M.Sc, M.Lif.Sc, selepas kegiatan menuturkan bahwa Kegiatan yang di ikuti 75 mahasiswa baru dan berlangsung selama dua hari tersebut diharapkan agar mahasiswa baru dapat beradaptasi dengan ruang lingkup biologi yang luas mulai dari sosialitas, kegiatan laboratorium maupun kegiatan lapangan nantinya. “Selamat datang di Prodi Biologi, semoga kalian cepat beradaptasi dan bisa turut serta mengembangkan ilmu biologi di era milenial ini. Kami menunggu prestasi mahasiswa di Jurusan Biologi”, ujar Ketua Jurusan

Senada dengan hal yang disampaikan oleh Ketua Jurusan FMIPA Biologi, Ketua Himpunan, Khaerul Amri menuturkan, “jangan pernah merasa putus asa saat menentukan pilihanmu masuk di Jurusan Biologi, karana tidak semua orang bisa masuk di sini, bisa saja kalian akan menjadi salah satu generasi yang memajukan biologi. Tanamkan pula dalam diri kalian rasa kekeluargaan serta rasa menjaga kebersihan lingkungan, karena kita biologi menjaga bukan merusak lingkungan”. Tegasnya.

Gambar 2. Sambutan Ketua Himpunan Mahasiswa Biologi FMIPA UNTAD kepada mahasiswa baru 2018

Selanjutnya pada Kamis (16/08), hari kedua pelaksanaan PKKMB Jurusan Biologi dilanjutkan dengan kegiatan penerimaan materi tentang “Etika Kehidupan Kampus” serta “Pengenalan Laboratorium”. Kegiatan tersebut bertujuan membentuk karakter mahasiswa tekun dan disiplin sekaligus menambah minat mahasiswa dalam bidang Laboratorium.

Gambar 3. Pengenalan Laboratorium (16/8)

“Dua hari mengikuti PKKMB Jurusan Biologi, memberi kesan yang sangat baik. Banyak hal yang saya dapatkan di kegiatan ini. Mulai dari keakraban serta motivasi untuk lebih semangat dalam perkuliahan. Kami juga diberikan tugas-tugas yang unik seperti menghapal nama latin, membuat artefak, dan menghapal nomor stambuk. Satu hal yang paling kami hindari, mahasiswa baru yaitu minum scoot, sungguh tak terbayangkan rasanya. Melalui kegiatan ini,kami belajar banyak, kami tak perlu malu karena kami calon peneliti handal masa depan”. .ujar salahsatu mahasiswa baru yang mewakili rekan-rekan seangkatannya.

Ragam kegiatan perkenalan yang telah dilaksanakan dua hari berturut-turut tersebut diharapkan mampu menumbuhkembangkan motivasi dan minat para mahassiswa baru yang baru saja akan menapaki perjalanan panjang ranah akademik baru selama empat tahun ke depan. Dengan demikian, sumber daya manusia yang benar-benar dipersiapkan dengan matang akan terlahir salahsatunya melalui lulusan-lulusan Saintis FMIPA pada masanya. Perjalanan panjang tersebut, tentunya tidak serta merta berjalan mulus apabila tanpa dibarengi dengan usaha dan giat oleh para mahasiswa dan juga tekad antarsejawat untuk terus mengingatkan dan semangat dalam melewati proses demi prosesnya. And the last sentences sebagai bentuk penggugah semangat, kita bukan sekadar pelakon dalam bidang keilmuan, tetapi adalah seorang kreator dalam mencipta temuan-temuan handal. HIDUP MAHASISWA BARU FMIPA! Selamat datang Agent of Changes!

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *