| |

KULIAH UMUM PRODI BIOLOGI, FMIPA UNIVERSITAS TADULAKO:“OPTIMALISASI PEMANFAATAN INSEKTA PENYERBUK MELALUI REKAYASA EKOSISTEM”

 

 

Jurusan Biologi FMIPA UNTAD kembali menyelenggarakan Kuliah pada hari Kamis, 07 September 2022. Pada kesempatan ini, panitia pelakasana menghadirkan narasumber Prof. Dr. rer. nat Imam Widhiono MZ, M.S., Guru Besar Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman bidang Entomologi dan moderator Fahri, S.Si., M.Si dari Jurusan Biologi FMIPA UNTAD.

Kuliah umum dilaksanakan secara daring melalui zoom dimulai pukul 09.30 WITA dan dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Biologi FMIPA UNTAD, ibu Dr. Annawaty, M.Si. Acara ini mengusung tema “Optimalisasi Pemanfaatan Insekta Penyerbuk Melalui Rekayasa Ekosistem” bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya peran serangga penyerbuk dalam peningkatan produksi dan kualitas produk pertanian.

Peserta kuliah umum yang dihadiri lebih dari 100 orang ini berasal dari beberapa perguruan tinggi yaitu:

  1. Universitas Tadulako
  2. Universitas Jenderal Soedirman
  3. Universitas Cendrawasih
  4. Universitas Terbuka
  5. Universitas Mataram
  6. Universitas Muhamadiyah Palembang
  7. Universitas Negeri Manado
  8. Universitas Andalas
  9. Universitas Tanjungpura
  10. Universitas Negeri Semarang

Dalam pemaparannya, Prof. Imam menawarkan sebuah model rekayasa ekosistem yang sesuai dengan kondisi petani di Indonesia yaitu: menggunakan teknologi yang sederhana dan memberikan keuntungan ekonomis bagi petani. “Pelestarian dan pemanfaatan serangga penyerbuk perlu dilakukan dengan pendekatan rekayasa ekosistem, guna menyediakan lahan alami bagi serangga penyerbuk”, jelasnya.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *