|

Bio-Students excursion 2018 : MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI KE BALAI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN KESEHATAN DONGGALA

Selasa (17/04/15), Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tadulako mengadakan kunjungan ilmiah ke Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) yang berkedudukan di Donggala, yang sebelumnya dikenal sebagai Balai Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) di Labuhan.

Kegiatan yang diikuti 45 orang yang seluruhnya merupakan mahasiswa semester VI ini, bertujuan untuk memberikan referensi baru bagi mahasiswa dalam memilih instansi yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan PKL (Praktek Kerja Lapangan). Pada kegiatan ini, mahasiswa didampingi langsung oleh Ketua Jurusan Biologi (Dr. Lif. Sc. I Nengah Suwastika, M.Sc), yang juga merupakan salah satu reviewer jurnal “vektor penyakit” yang diterbitan oleh Litbangkes yang telah terakreditasi secara Nasional. Dosen Jurusan Biologi yang juga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah Dr. Annawaty dan Merryani Ananda M.Si.

Selama pelaksanaannya, para peserta mendapat sambutan hangat dari seluruh pegawai yang berada dilingkup Litbangkes Donggala. Kegiatan ini dibuka dengan pengenalan profil institusi kepada seluruh mahasiswa peserta, yang kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke laboratorium. Laboratorium/instalasi tersebut meliputi: Laboratorium Hewan Coba, Biomolekuler, Sumber Daya Hayati, Entomologi dan Parasitologi. Setiap mahasiswa mendapat kesempatan untuk melihat secara langsung berbagai macam sarana/prasarana yang menunjang para peneliti dalam bekerja, serta berdiskusi tentang tema/topic penelitian yang sudah dan sedang dilaksanakan.

Selain itu, mahasiswa juga dapat berkomunikasi secara langsung dengan para peneliti mengenai tugas pokok dan fungsi masing-masing laboratorium. Kegiatan ini diakhiri dengan ucapan terima kasih dari pihak Litbangkes kepada seluruh peserta, dengan harapan agar kegiatan seperti ini lebih sering dilakukan sehingga dapat menjadi mitra terkhusus bagi Perguruan Tinggi dalam melakukan riset yang bermanfaat dalam pengembangan IPTEK terutama dalam bidang kesehatan berbasis kekayaan hayati dan masalah kesehatan di Sulawesi. (Dicky)

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *